Sejarah RAM Dari Generasi Ke Generasi

Gambar RAM DDR2

Pengertian RAM ( Random Access Memory)

Memori akses acak (bahasa Inggris: Random Access Memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Sejarah Dan Perkembangan RAM


Random Access Memory pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard, setelah itu Intel memproduksi RAM untuk pertama kalinya pada tahun 1968. RAM lebih awal diproduksi bahkan jauh sebelum penemuan PC pada tahun 1981. Setelah komputer diciptakan, perkembangan RAM dimulai. Dibutuhkan tegangan sebesar 5.0 volt pada saat RAM mulai diproduksi sehingga RAM bisa bekerja dengan frekuensi sebesar 4.77 Mhz.

Berikut ini perkembangan RAM dan tipe RAM :

1.       DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Gambar DRAM (Dynamic Random Access Memory)


Di ciptakan oleh perusahaan IBM pada tahun 1970. Memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz.

2.      FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)

Gambar FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)


Diciptakan pada tahun 1987, lebih dikenal dengan nama FPM. FPM sendiri memiliki kecepatan antara 16 MHz sampai dengan 66 MHz.

3.      EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)


Gambar EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)

Munculnya EDO DRAM untuk menyempurnakan jenis memori sebelumnya yaitu FPM DRAM. EDO RAM sendiri digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama. Saya sendiri walaupun tidak pernah merasakan kemampuan dari jenis memori RAM komputer ini namun saya pernah memilikinya. Kebetulan prosesor yang digunakan Intel pentium I. Ukurannya sangatlah kecil, mirip dengan RAM Laptop.

4.      SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)


Gambar SD RAM ( Synchoronous Dynamic RAM)

Pada tahun 1996 dan 1997 muncul SD RAM PC 66. PC 66 berarti RAM ini memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100 yang digunakan untuk komputer pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 di luncurkan ke pasaran. SDRAM terus ditingkatkan menjadi PC 150.

5.      RD RAM (Rambus DRAM)


Gambar RD RAM (Rambus DRAM)

Sering juga disebut dengan DRDRAM atau juga Rambus memory merupakan jenis ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masa itu. RAM jenis ini bisa mengalirkan data 1GB / s. Cukup jauh apabila dibandingkan dengan SDRAM. Namun menurut sumber yang pernah saya baca, Rambus RAM akhirnya menghilang dari pasaran dikarenakan harganya yang terlampau tinggi.

6.      DDR SDRAM (Double Data Rate Synchoronous RAM)


Gambar DDR SDRAM ( Double Data Rate Synchoronous RAM)

Pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu AMD dan Intel meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing. Dan ini berimbas kepada kebutuhan RAM yang bisa mengimbangi kemampuan prosesor tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka di ciptakan DDR SDRAM atau yang lebih dikenal dengan RAM tipe DDR1. Umumnya untuk prosesor pentium III sampai dengan pentium IV.

7.      DDR2 SDRAM


Gambar DDR2 SDRAM

Pengembangan berlanjut ke jenis terbaru. RAM ini muncul pada tahun 2005. DDR2 memiliki kecepatan lebih baik. RAM tipe DDR2 pun saat ini masih banyak beredar walaupun untuk kapasitas 2GB sangat sulit untuk ditemui di pasaran. Walaupun ada harganya lumayan mahal, bahkan setara dengan 4GB DDR3. RAM ini digunakan dari prosesor pentium IV sampai dengan generasi Core Duo. RAM tipe ini membutuhkan daya sebesar 1,8 Volt

8.     DDR3 SDRAM

Gambar DDR3 SDRAM

Pada pertengahan tahun 2007 muncul kembali jenis RAM terbaru yaitu DDR3 SD RAM. Membutuhkan daya hanya 1,5Volt. Kemampuan yang lebih baik begitu juga lebih irit daya membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Namun harganya pada waktu itu cukuplah tinggi membuat RAM ini belum dilirik orang lain. Barulah pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu pengguna komputer. Untuk saat ini harga RAM DDR3 jauh lebih murah daripada DDR2. RAM ini mulai digunakan pada prosesor Core Duo sampai dengan Core i7.

9.      DDR4 SDRAM

Gambar DDR4 SDRAM

RAM yang dirilis pada tahun 2014 namun ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2015 merupakan RAM tipe paling baru saat ini. Untuk harga sendiri masih belum bisa dijangkau untuk kalangan biasa. Apalagi RAM ini masih diperuntukkan untuk prosesor kelas atas miliknya Intel.

10.  SO-DIMM



Gambar SO-DIMM

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

Apa itu DIMM (Dual Inline Memory Module)

Gambar DIMM (Dual Inline Memory Module)


Dual Inline Memory Module atau DIMM adalah serangkaian chip Random Access Memory (RAM) yang dipasang pada papan sirkuit kecil. Seluruh rangkaian secara kolektif membentuk modul memori. DIMM biasanya digunakan di komputer pribadi, server, dan stasiun kerja kelas atas. DIMM melakukan kontak fisik dengan bus data komputer melalui gigi seperti konektor yang masuk ke soket pada motherboard.

Modul memori sebelumnya dikenal sebagai SIMM atau Modul Memori Inline Tunggal dan memiliki jalur data 32-bit. DIMM di sisi lain menggunakan jalur data 64-bit, karena prosesor yang digunakan di komputer pribadi, termasuk Intel Pentium, memiliki lebar data 64-bit. Karena SIMM hanya dapat menangani 32-bit pada satu waktu, SIMM selalu digunakan dalam pasangan yang cocok untuk sepenuhnya memanfaatkan daya pemrosesan CPU. DIMM dikembangkan untuk memperbaiki metode pemasangan modul memori yang tidak efisien ini.

SIMM memiliki pasangan kontak listrik yang identik, satu di setiap sisi modul. Prosesor dapat mengakses SIMM melalui kedua sisi. Oleh karena itu, konektor yang digunakan dalam SIMM adalah kontak yang berlebihan, sedangkan DIMM memiliki kontak unik di kedua sisi modul dan itu membuat penggunaan konektor jauh lebih baik.

DIMM yang menerapkan deteksi dan koreksi kesalahan dikenal sebagai Kode Koreksi Kesalahan yang mengaktifkan DIMM atau DIMM ECC. Terlepas dari bit data, DIMM ini menggunakan bit tambahan untuk ECC. Meskipun ada banyak jenis skema ECC, skema SECDED atau Single Error Correct – Double Error Detect adalah yang paling umum dan menggunakan bit ke-9 tambahan untuk setiap byte data.

DIMM datang dalam berbagai ukuran standar yang dikenal sebagai faktor bentuk. DIMM sebelumnya datang dalam ukuran 1,5 dan 1,7 inci. Kemudian ketika server rack mount menjadi umum, DIMM ini harus diperas ke ruang sempit, karenanya soket DIMM dimiringkan ke sudut untuk mengakomodasi modul memori. Untuk mengatasi masalah ini, standar DIMM berikutnya memiliki tinggi profil rendah 1,2 inci, menghilangkan kebutuhan untuk soket miring. Ketika server menjadi lebih kecil, soket sekali lagi miring untuk mengakomodasi faktor bentuk LP. Ini lebih lanjut menyebabkan pengembangan VLP atau faktor bentuk Profil Sangat Rendah, dengan ketinggian hanya 0,72 inci. Mini-DIMM, SO-DIMM, dan VLP Mini-DIMM adalah faktor bentuk populer lainnya.

Apa perbedaan antara Memori DRAM dan SDRAM?

Gambar Perbedaan DRAM dan SD RAM

DRAM adalah singkatan dari Dynamic Random Access Memory (jenis memori semikonduktor). DRAM merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data pada kapasitor terpisah dengan kelebihan memerlukan lebih sedikit ruang fisik untuk menyimpan jumlah data yang sama daripada jika disimpan secara statis.

DRAM terbuat dari bit data atau kode program yang disusun dalam two-dimensional grid. DRAM menyimpan bit data dalam storage, atau memory cell, yang terdiri dari kapasitor dan transistor . Sel-sel penyimpanan biasanya diatur dalam rectangular configuration. Ketika muatan dikirim melalui kolom, transistor di kolom akan diaktifkan.

Sel penyimpanan DRAM bersifat dinamis dan perlu di refresh atau diberi muatan elektronik baru setiap beberapa milidetik untuk mengkompensasi kebocoran muatan dari kapasitor.

Memory cell akan bekerja dengan sirkuit lain yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi baris dan kolom, melacak proses penyegaran, menginstruksikan sel apakah menerima/tidak dan membaca/mengembalikan data dari sel.

Sedangkan, SDRAM merupakan kependekan dari Synchronous DRAM. SDRAM merupakan nama generik untuk berbagai jenis DRAM yang disinkronkan dengan kecepatan clock yang dioptimalkan untuk mikroprosesor. SDRAM meningkatkan jumlah instruksi yang dapat dikerjakan oleh prosesor dalam waktu tertentu.

Jenis SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) termasuk salah satu jenis RAM yang memiliki kecepatan tertinggi diantara lainnya, berkisar antara 100MHz-133MHz dan kepingannya terdiri dari 168 pin.

Popularitas SDRAM berjaya pada rentang tahun 1995akhir sampai tahun 2003 atau 2004. SDRAM mempunyai ciri khusus pada bagian kakinya dimana terdapat 2 celah soket slot. Slot yang sesuai yaitu DIMM/SDRAM dengan kapasitas mulai 16MB sampai 1GB.

Intinyanya SDRAM merupakan perkembangan dari DRAM yang memiliki kecepatan serta peforma yang jauh lebih baik.

Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

Gambar DIMM dan SODIMM

DIMM yang merupakan singkatan dari dual in-line modul memori, merupakan jenis memori RAM Desktop komputer yang dibangun dengan menggunakan sirkuit yang terpadu. SODIMM berasal dari singkatan “Small outline Dual Inline Memory Module” yang memiliki fungsi dan kinerja yang sama dengan RAM PC biasa, dimana pada RAM jenis SODIMM memiliki 4 bentuk slots yakni RAM DDR1, DDR2 dan DDR3, DDR4 hanya saja RAM jenis ini hanya digunakan untuk model laptop/notebook, high-end printer dan perangkat keras jaringan seperti router.

Dilihat dari fisiknya, RAM SODIMM memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada memori PC biasa, adapun ukurannya setengah ukuran dari RAM DIMM biasa. SO-DIMM punya jumlah pin 72, pin 100, pin 144, pin 200 atau pin 204. Dimana masing masing jumlah pin ini memiliki performa yang berbeda beda.

pada SODIMM yang memiliki jumlah pin 72 dan 100 paket pin mampu mendukung transfer 32-bit data, sementara pada Memori Laptop SODIMM jumlah pin 144, 200 dan 204 mendukung transfer 64-bit data. Hal ini tentu sangat sebanding dengan RAM jenis DIMM biasa yang hanya memiliki jumlah pin 168, 184, atau 240 pin, dimana semuanya digunakan pada transfer 64-bit data. Namun pada RAM SODIMM dengan jumlah pin 200 dan 204, memiliki performa yang hampir sama dengan performa dan rating tegangan pada jenis RAM DIMM.

Seperti namanya SODIMM (Small Out Dual Line Modul Memory) tentu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan RAM DIMM. RAM SODIMM biasa digunakan pada hardware yang memiliki ruang yang kecil seperti pada laptop, high-end printer, small footprint maupun router. Sedangkan DIMM biasanya digunakan pada Komputer atau PC.

Untuk tipe slotnya sendiri saat ini baik pada komputer biasa maupun pada laptop sama sama menggunakan tipe slot Memori RAM DDR3 ataupun DDR4. Hal ini dikarenakan komputer maupun laptop telah banyak yang menggunakan processor core i3, i5 dan i7.

Perbedaan yang paling terlihat  :

1.       Pengertian

DIMM adalah Dual In-line Memory Module, sedangkan SODIMM adalah Small Outline Dual In-line Memory Module.

2.      Bentuk dari jenis ram tersebut.

Dari bentuknya saja sudah terlihat jelas perbedaan ukurannya. SODIMM memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada DIMM.

3.      Pemakaian

SODIMM biasa dipakai di perangkat yang memiliki space atau ruang yang sempit seperti laptop atau notebook, small footprint, high-end printer dan router. Sedang DIMM biasa digunakan pada Komputer atau PC.

Sekian tugas saya dari mata kuliah Arsitektur Komputer semoga artikel ini bisa bermanfaat kedepannya bagi orang banyak yang membutuhkan informasi ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikannya juga terima kasih kepada semua sumber yang telah saya gunakan.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Untuk Menentukan Sampling Dengan Beberapa Referensi Para Ahli

Cara Kerja , Diagram Siklus Instruksi Operasi Dan Struktrur CPU - Arsitektur Komputer